Friday, January 4, 2013

1001 Jerawat

Masa remaja rawan banget nih sama yang namanya jerawat dan semua bisa ngalamin baik cewe maupun cowo. Jerawat yang muncul sering kali bikin gak pede karena mengganggu penampilan, apalagi kalo tiba-tiba lagi ada acara penting dan muncul jerawat? pasti nge-BT in banget kan? Supaya bisa mengatasi jerawat, uk bahas tentang apa itu jerawat dan bagaimana cara mencegah atau mengobatinya :-)

Jerawat atau acne terjadi karena kondisi kulit yang tidak normal terjadi infeksi dan radang oleh bateri pada kelenjar minyak di kulit. Jerawat ada yang disebut komedo yaitu pori-pori yang tersumbat. Komedo terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam, warna hitam itu adalah penyumbat pori tersebut yang berubah warna karena teroksidasi oleh udara. Ada lagi jerawat biasa yang sering kita alami yaitu tonjolan kecil berwarna agak kemerahan. Jerawat ini penyebabnya adalah pori-pori yang tersumbat lalu terinfeksi bakteri. Bakteri ini bisa berasal darimana aja loh! dan yang terakhir jerawat batu, jerawat ini biasanya diakibatkan karena alergi atau juga karena kekebalan tubuh terhadap bakteri penyebab jerawat sangat minim. 

Penyebab jerawat bisa karena aktivitas hormonal yaitu proses memproduksi hormon androgens yang cukup banyak sehingga berakibat kelenjar minyak tambah banyak. Kulit mati yang menumpuk juga akan menyebabkan pori tersumbat dan akan menyebabkan terjadinya komedo.

Gimana sih supaya jerawat itu bisa kita cegah? Aku punya beberapa tips nih! :-)

Kemunculan jerawat emang ngga bisa ditebak kapan dan disebelah mana bakal muncul, tetapi pastinya setiap jerawat yang muncul ada hal-hal yang memicu adanya jerawat tersebut. Dengan tau pemicunya, jadi kita bisa mencegah kemunculan jerawat ini. 
  • Cara mencegah yang pertama pastinya dengan menjaga dan merawat kebersihan wajah dengan membersihkan secara rutin dengan sabun khusus muka, atau kamu bisa konsultasikan dengan dokter kulit kamu perawatan apa saja yang dibutuhkan untuk wajah kamu. 
  • Munculnya jerawat juga bisa karena pola makan yang tidak sehat, misalnya terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang kandungan minyaknya berlebih dan juga kurangnya mengkonsumsi sayur juga buah. Jadi biasakan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat ya :-)
  • Kalo kamu cewe, jangan lupa untuk selalu membersihkan wajah dari make-up ya! hindari penggunaan make-up yang terlalu lama di wajah supaya terhindar dari penumpukan kotoran dan tersumbatnya pori-pori. 
  • Selalu beri asupan vitamin yang cukup untuk tubuh. mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi dapat menyerap minyak yang ada dalam tubuh.
  • Oiya, waktu istirahat juga penting banget nih! selalu berikan waktu istirahat yang cukup untuk tubuh supaya terhindar dari lelah dan stress yang juga bisa menjadi pemacu timbulnya jerawat.
  • Kamu juga bisa menggunakan masker wajah dan usahakan yang terbuat dari bahan alami ya, kalo kamu males untuk membuatnya, sekarang udah banyak kok yang menjual masker dari bahan alami :-)

Terus kalo jerawatnya tetep muncul, gimana cara ngilanginnya?

Kalau jerawat udah muncul, yang pastinya hal yang bisa kita lakukan adalah mengobatinya. penangannannya bisa dengan menggunakan obat yang berasal dari dokter atau dengan cara 'rumahan' dengan biaya yang mungkin akan jauh lebih murah. yuk disimak! :-D

  1. Air putih sangat penting untuk cairan tubuh utuk membuang racun dan juga membantu mengatasi jerawat.
  2. Jeruk nipis 1 buah diperas, lalu campur dengan 1 gelas air putih lalu diminum setiap pagi. ini bisa membuang tumpukan minyak berlebih yang menyebabkan jerawat. atau cara kedua dengan membelah jeruk nipis menjadi 2 bagian dan digosokkan pada wajah yang berjerawat dan diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat, cara ini bisa membunuh bakteri penyebab jerawat.
  3. Belimbing wuluh atau belimbing sayur bisa juga digunakan untuk mengobati jerawat. caranya dengan mencampurkan 3 buah belimbing dengan 1 sdm air jeruk nipis dan 1/2 sdt belerang, ditumbuk sampai halus dan gunakan di wajah yang berjerawat.
  4. Lidah buaya dapat juga digunakan untuk mengurangi peradangan dan mencegah timbul kembali. caranya dengan mengupas kulitnya, potong jadi 2 atau 3 bagian dan oleskan buahnya pada kulit yang berjerawat, diamkan selama 15-20 menit dan bilas dengan air hangat.
  5. Tomat yang memiliki vitamin A juga memiliki vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan serta memiliki asam sitrat yang baik untuk mengangkat kotoran dan lemak pada wajah yang berjerawat. caranya dengan memotong buat tomat dan digosokkan kewajah lalu diamkan selama 20 menit, bilas dengan air hangat.
  6. Madu bisa juga menjadi obat penghilang jerawat, caranya dengan mencampurkan 2 sdm madu dengan 1 sdt air jeruk nipis, lalu oleskan diwajah dan diamkan selama 15-20 menit, bilas dengan air hangat.

nah, jadi itu deh yang bisa aku share ke kamu tentang jerawat gimana cara mencegah dan juga mengobatinya. kalo kamu punya masalah sama jerawat, boleh banget deh dicoba tips-tips yang aku tulis diatas. jadi, ada yang tertarik mengikuti tips-tips ini? Silahkan share ya :-D



Xoxo,
Pete

No comments:

Post a Comment

Labels